Birokrasi

Berdasarkan penelusuran melalui Wikipedia, ditemukan arti kata Birokrasi, yakni:

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, birokrasi didefinisikan sebagai:

  • Sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hirarki dan jenjang jabatan

  • Cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta menurut tata aturan (adat dan sebagainya) yang banyak liku-likunya dan sebagainya.

Dari pernyataan di atas, secara lebih sederhana Birokrasi dapat diartikan sebagai cara, susunan, atau prosedur dalam pengerjaan suatu hal yang biasanya berada dalam ruang lingkup pemerintahan. Pernyataan tersebut kemudian menghasilkan satu istilah yang mungkin sudah biasa terdengar di kalangan masyarakat yakni ‘Birokrasi yang berbelit-belit’. Lantas, apa makna dari pernyataan tersebut?

Birokrasi yang berbelit-belit merupakan istilah yang menggambarkan bahwa sistem administrasi suatu kegiatan memerlukan pelaksanaan yang rumit. Kita harus menuju ke bagian A dulu sebelum menuju B dengan mengharuskan membawa perlengkapan C dengan sebelumnya harus menyelesaikan urusan dengan D yang harus didahului dengan penyelesaian berkas di E. Terlihat begitu rumit dalam ilustrasi tersebut, apalagi jika harus berhadapan langsung dengan salah satu dari urusan yang memerlukan Birokrasi serumit itu. Mari kita liha contoh berikut:

Pembuatan Kartu Mahasiswa yang Baru

Pertama, kita harus mengurus surat kehilangan barang di pos polisi. Setelah itu, kita menuju ke rektorat dan menyerahkan surat kehilangan pada bagian pengurusan mahasiswa. Lalu kita diharuskan membayar terlebih dahulu untuk pembuatan kartu mahasiswa yang baru. Pembayaran harus dilakukan pada bank terdekat, setelah itu meminta bukti pembayaran dan baru setelah itu menuju gedung bagian sistem informasi untuk mendapatkan kartu mahasiswa yang baru.

Pembuatan Passport

Pertama, kita harus menyiapkan berkas-berkas seperti akte kelahiran, fotokopi ktp, kartu keluarga, dan berkas tambahan lainnya. Setelah itu menuju kantor imigrasi meminta formulir, mengisi formulir, dan menyerahkan kembali formulir beserta dengan berkas yang sebelumnya telah disiapkan. Kemudian kita diharuskan untuk menunggu beberapa waktu, karena petugas akan mengecek kelengkapan dan kebenaran berkas yang baru saja diserahkan. Setelah selesai, kita akan dipanggil, dan diberikan nomor antri untuk melakukan penyelesaian passport. Ketika nomor antri kita dipanggil, kita akan masuk ke suatu ruangan untuk melakukan cek data terakhir dan melakukan sesi foto. Selesai dari situ, kita harus menunggu selama satu minggu sebelum mendapatkan passport kita.

Pembuatan SIM

Pertama, kita menyiapkan beberapa berkas yakni surat kesehatan, dan fotokopi ktp. Setelah itu menuju kantor polisi pusat kota. Mendaftar dengan mengisi formulir dan mengisi berkas. Lalu menuju ke loket pembayaran untuk mendapatkan nomor antri, lalu menunggu untuk dipanggil untuk ikut menyelesaikan tes tertulis. Lalu menunggu lagi untuk ikut menyelesaikan praktek menyetir. Lalu kembali menunggu untuk kemudian masuk ke ruang untuk cek data dan sesi foto. Dan menunggu (terakhir) untuk akhirnya dipanggil dan diberikan sim yang telah selesai dibuat.

Itulah tadi beberapa contoh kecil dari kasus birokrasi yang berbelit-belit. Pada dasarnya, kerumitan tersebut dikarenakan banyaknya penipuan yang akhirnya menjadikan pihak administrasi melakukan upaya pengecekan dan seleksi data agar kegiatan penipuan berhasil dihentikan. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk kelengkapan data sehingga tidak ada kesamaan data dan berkas terjamin keasliannya. Yaa, sebagai warga negara yang baik hendaknya mengikuti prosedur yang ada secara berurut dengan baik sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Begitulah pandangan saya terhadap Birokrasi yang ada di negara ini. Maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Terimakasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s