Sejujurnya Aku Takut Manusia

Manusia. Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya. Manusia dapat berpikir, dapat menggunakan logikanya ketika hendak melakukan sesuatu. Manusia punya akal yang bikin dia lebih unggul dari makhluk hidup lainnya.

Idealnya, hidup ini akan menjadi seimbang dan harmonis karena setiap manusia punya akal yang tentunya ingin menjadikan hidup ini penuh perdamaian. Sayangnya, secara realistis, seperti yang dapat kita lihat di sekitar kita saat ini, perdamaian itu adalah perjuangan yang berat. Manusia memiliki akal, tapi secara bersamaan, juga memiliki sifat egois karena dengan akalnya tersebut mereka menciptakan suatu mimpi masing-masing yang ternyata bertentangan dengan mimpi manusia lainnya. Sehingga pada akhirnya, akal tersebut menjadikan antar manusia saling menyerang satu sama lain, atau biasa disebut homo homini lupus – manusia adalah serigala bagi manusia lainnya.

Suatu ketika, pernah ada sebuah liputan mengenai hewan paling buas di dunia, dan ternyata hewan buas nomor satu yang disebutkan adalah Manusia. Ya, manusia, dengan segala akalnya dapat memanipulasi kehidupan, menikam satu sama lain, berlomba-lomba menjadi penguasa akan dunia ini. Tidak ada yang tau bagaimana jalan pikir atau pola pikir dari setiap manusia.

Aku juga manusia, tapi sejujurnya aku takut manusia. Jadi, takutkah aku pada diri sendiri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s