Yang Paling Dekat Dengan Kita Adalah Kematian

Apa yang paling dekat dengan kita?
Yang paling dekat dengan kita adalah Kematian (Imam Ghazali)

Kalimat singkat bermakna padat. Mungkin sebagian orang tidak menyadari ketika Kematian begitu dekat dengan mereka. Kita tidak akan pernah tahu kapan, dimana, dan bagaimana kita akan meninggalkan dunia ini. Kita pastinya akan berharap bahwa kita akan meninggal dalam keadaan yang baik, dan dengan proses yang baik pula. Namun kembali lagi, tidak seorang pun mengetahui seperti apa rencana Allah kelak.

Tadi pagi, baru saja terjadi sebuah tragedi yang memperlihatkan kebesaran dan kekuasaan Allah terhadap para hambaNYA. Seorang mahasiswa meninggal tertabrak kereta karena ia menerobos palang penghalang. Sekilas hal tersebut akan terasa konyol karena seharusnya mahasiswa tersebut mengindahkan peringatan adanya kereta yang akan melintas. Namun sekali lagi, kita tidak tahu bagaimana Allah menentukan Kematian para hambaNYA.

Tetapi, ada hal luar biasa dibalik kisah tersebut. Mahasiswa itu ternyata berencana berangkat ke tanah suci Mekah untuk menunaikan ibadah umrah malam ini. Tetapi Allah begitu sayang padanya sehingga ia dipanggilNYA untuk selama-lamanya. Subhanallah.

Teriring doa untuk almarhum, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah dan ia diberi tempat terbaik di-sisiNYA. Apalagi jika mengingat ia berpulang pada hari Jumat, hari yang dipenuhi kemuliaan ini, dan berpulang dalam keadaan dalam perjalanan untuk menuntut ilmu. Semoga surga menjadi tempat untuknya kelak. Amin allahuma amin.

Kejadian ini begitu mengejutkan banyak pihak. Bukan hanya mengejutkan, bahkan banyak yang merasa tertampar mengetahui kejadian ini. Kejadian yang mengingatkan banyak pihak untuk senantiasa beribadah serta mengingat Allah dimanapun dan kapanpun serta dalam kondisi apapun, karena kita tidak akan pernah tahu kapan Kematian akan datang menjemput kita. Karena Kematian begitu dekat.

Kita hanya bisa meningkatkan amalan ibadah kita menjadi lebih baik, dan senantiasa meminta kepada Allah agar diberi kemudahan baik dalam kehidupan ini, ketika Kematian menjemput, dan di hari nanti.

Semoga kejadian ini dapat menjadikan kita pribadi yang lebih baik, pribadi yang terus mendekatkan diri kepada Allah. Semoga kita semua mendapat tempat terbaik disisiNYA kelak. Amin allahuma amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s