Aku dan Tulisanku

Sebenernya udah dari lama mau buat blog. Karena temen-temen yang lain pada punya dan ngeliat mereka nge-blog rasanya seru banget. (Khususnya, sahabat SMA ku, tulisannya selalu seru untuk dibaca, dan tidak berapa lama hadir orang lain yaitu sahabat ku ketika kuliah, yang tulisannya juga menarik. Dua orang itu memiliki ritme menulis yang luar biasa sehingga aku tergilitik dan terpacu untuk segera menulis mengikuti jejak luar biasa mereka). Tapi waktu itu baru sekadar niat, karena ketika dipikir-pikir, mau nulis apa di blog. Nulis emang lumayan sering, cuma ngerasa kalo tulisan yang dibuat gak cukup bagus untuk di-share dan dibaca umum. Tapi untuk orang sepertiku, aku butuh media penyalur ide yang ada di kepalaku. Lagipula, teman-temanku semakin terlihat mengasyikan ketika mereka beraksi di dunia maya.

Akhirnya hingga tiba suatu hari dimana rasa menulis dan berkarya semakin menjadi-jadi. Hal itu lebih dipacu ketika aku selesai berkumpul dengan teman-temanku. Waktu itu tanggal 5 April 2013, aku dan teman-teman terdekatku di bangku kuliah bermain di rumah ku dan tentu saja, kami menghasilkan berbagai foto untuk mengabadikan momen indah tersebut. Dari situ entah kenapa mulai bermunculan berbagai ide untuk menulis. Bahkan ide-ide di masa lalu juga berebut untuk segera dikembangkan ceritanya.

Karena tidak dapat menahan rasa menulis tersebut, akhirnya lahirlah mereka. Pertama, pada tanggal 6 April 2013, lahir media pertama, yaitu http://starlightisme.blogspot.com/. Tapi tidak puas sampai di situ, aku melahirkan media kedua pada tanggal 7 April 2013 https://starlightisme.wordpress.com/. Sebenarnya aku bingung bagaimana pembagian postingan-nya. Saat itu aku berpikir, aku membuat postingan sesuka hati saja, media mana yang kugunakan juga sesuka hati, asalkan adil. Lalu aku mendapat ide. Untuk postingan blogspot, aku akan mengisinya dengan curahan hatiku mengenai kehidupanku dan lingkungan sekitarku, anggap saja sebagai diary di dunia maya. Sedangkan untuk wordpress, aku akan mengisinya dengan berbagai karya yang berbentuk seperti essay, sebut saja semi-essay, karena tulisan yang akan ada di dalamnya adalah bentuk pemikiran dari pengalaman dan kisah orang-orang sehari-hari.

Aku mulai menikmati media yang kulahirkan tersebut. Namun tidak berapa lama, aku menghasilkan media lain. Aku melahirkan http://luthfiapuci.tumblr.com/ sebagai media ketiga pada tanggal 13 April 2013.

Akhirnya, aku merasa beban di kepalaku sedikit terangkat. Beberapa ide sudah mulai kutuangkan dan segera akan aku bagikan pada ketiga media yang kulahirkan tersebut. Ohiya, aku akan menyebut mereka anak-anakku (sebelum aku melahirkan anakku yang sesungguhnya, hehe #intermezo).

Terakhir, kututup narasi ini dengan kalimat kebanggaanku,

“Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun ? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.” ― Pramoedya Ananta Toer ―

Daftar blog dan mini blog:
6 April 2013 http://starlightisme.blogspot.com/
7 April 2013 https://starlightisme.wordpress.com/
13 April 2013 http://luthfiapuci.tumblr.com/

Leave a Reply

