Aku Bisa Mengubah Dunia

Waktu itu aku baru masuk sekolah menengah pertama. Seperti biasa, setiap anak baru akan menghadapi MOS atau masa orientasi siswa. Saat itu, setiap siswa diberikan satu buku panduan untuk kegiatan MOS. Ada satu hal yang membuatku bergidik. Di halaman belakang buku panduan tersebut, ada tulisan yang kurang lebih isinya seperti ini:

Aku ingin mengubah dunia.
Aku berusaha mengubah dunia ini menjadi lebih baik.
Namun dunia tidak kunjung berubah.
Aku mulai lelah.

Lalu aku berpikir, bagaimana mungkin aku bisa mengubah dunia ini seorang diri.
Aku kemudian mulai mencoba mengubah diriku, mengubah kebiasaanku, menjadi lebih baik.
Kemudian aku mengubah keluarga, mempengaruhi mereka berbuat baik.
Aku juga mulai merubah kebiasaan teman-temanku.
Bahkan lingkungan sekitar aku coba pengaruhi.
Tidak terasa, dunia kunjung membaik, dunia mulai berubah.

Hei, aku berhasil mengubah dunia.
Dari merubah diriku sendiri dan orang-orang di sekitarku, AKU BISA MENGUBAH DUNIA.

Tulisan itu, (walaupun tidak persis seperti yang ada di buku panduan (karena buku panduan itu entah berada dimana)) jujur saja, tetap membuatku bergidik. Ya, bergidik!
Aku pernah berpikiran mengubah dunia. Bahkan berpikir untuk menaklukan dunia. Namun untuk itu semua tidaklah mudah. Tapi bisa dibilang tidak sulit juga, karena ternyata hanya satu hal yang perlu aku lakukan mulai sekarang.
Dari tulisan itu aku belajar, aku harus mengubah diriku. Aku akan berusaha mengubah kebiasaanku, berubah menjadi orang yang baik yang dapat memberikan pengaruh kepada orang lain. Dimulai dari keluargaku, teman-temanku, lingkungan sekitarku, maka aku dapat mengubah dunia. Dimulai dari aku hingga berujung pada dunia.

Leave a Reply

